Sunday 3 February 2013

MOONBOWS (PELANGI BULAN)



Sebuah Moonbows (juga dikenal sebagai pelangi lunar, putih pelangi, pelangi bulan  atau ruang pelangi) adalah pelangi yang dihasilkan oleh cahaya terpantul di permukaan bulan bukan dari sinar matahari langsung. Moonbows (pelangi bulan) relatif samar, karena jumlah yang lebih kecil dari cahaya yang dipantulkan dari permukaan bulan. Mereka selalu di bagian berlawanan dari langit dari bulan.
Moonbows  yang paling mudah dilihat saat bulan dekat penuh (ketika itu adalah terang). Untuk Moonbows yang benar, selain yang dihasilkan oleh air terjun atau semprotan, bulan harus rendah di langit (kurang dari 42 derajat dan lebih rendah) dan langit harus sangat gelap. Karena langit masih terang pada bulan purnama, ini berarti mereka hanya dapat diamati 2 sampai 3 jam sebelum matahari terbit. Waktu yang berharga bagi beberapa pengamat.  Dan, tentu saja, harus ada hujan berlawanan bulan. Kombinasi persyaratan membuat moonbows jauh lebih jarang daripada pelangi yang dihasilkan oleh matahari. Moonbows juga dapat terlihat ketika hujan turun selama bulan terbit penuh pada garis lintang ekstrem selama musim dingin, ketika prevalensi jam kegelapan memberi peluang lebih besar bagi fenomena yang diamati.
Karena cahaya biasanya terlalu samar untuk merangsang reseptor kerucut warna di mata manusia, sulit bagi mata manusia untuk membedakan warna dalam sebuah Moonbows (pelangi bulan). Akibatnya, mereka sering tampak putih. Namun, warna dalam sebuah Moonbows (pelangi bulan) akan tampak dalam foto-foto eksposur panjang.

0 comments:

Post a Comment